A.
Latar Belakang
Era modernisasi masa kini menjadikan dunia kuliner Indonesia mengalami banyak
perubahan. Berbagai macam kuliner terus bermunculan mengikuti
perkembangan zaman. Salah satu tandanya adalah dengan bermunculannya berbagai
macam restoran, kafe dan toko-toko kue yang banyak dipengaruhi dari makanan barat seperti contohnya :
pizza, spageti, steak dan lainnya.
Dengan banyaknya
masakan barat yang masuk dan berkembang di Indonesia menyebabkan terlupakannya
makanan yang berasal asli dari Indonesia. Untuk meningkatkan cita rasa makanan
tradisional yang lebih kompetitif sebaiknya perlu adanya peningkatan kualitas
dan inovasi baik itu berupa bentuk, rasa
dan kandungan manfaat yang ada didalamnya.
Kue dan makanan
tradisional memang memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan
makanan luar negeri. Meskipun masakan luar
negeri sangatlah kuat di Indonesia,tetapi kue-kue dan masakan dari Indonesia bukan berarti tidak
bisa bersaing salah satu caranya kue-kue dan masakan tradisional harus mendapatkan tempat di hati masyarakat
Indonesia. Dalam analisa usaha ini akan membahas mengenai
kue tradisional yaitu kue pastel agar bisa bersaing dengan makanan dari barat.
B. Sistem Produksi
Produk
1. 3 kg Tepung Terigu
2. 10 butir telur
3. 500 gram mentega
4. 5 sendok teh tepug sagu
5. 5 sendok teh Garam
Bahan Isi
1. 2 kg daging sapi (rendang)
2. 3 liter minyak goreng
3. 1 kg cabai
4. 1 sachet bon cabai
Langkah-langkah
2. Ambil
adonan yang sudah ditipiskan lalu masukkan sedikit rendang yang telah dicampur
dengan cabai dan bon cabai, lipat adonan yang sudah diisi, tekan-tekan bagian
ujungnya lalu plintirkan, lakukan sampai adonan habis
3. Panaskan
minyak, goreng pangsit mininya Setelah matang (warnanya kuning), angkat dan
tiriskan Setelah pangsit mini dingin, baru masukkan ke dalam toples.
C.
Analisis SWOT Perusahaan
Ø Faktor
internal
1.
Kekuatan
a.
Harga produk ekonomis dan terjangkau
b.
Memiliki relasi di kampus, pasar dan masyarakat
c.
Mempunyai rasa dan bentuk yang berbeda dari
yang lain
d.
Promosi dan pemasaran yang mencakup luas
dengan cara langsung maupun dengan internet dan media sosial
2.
Kelemahan
a.
Membutuhkan keahlian dan ketelatenan
b.
Harga bahan baku yang tidak stabil
Ø Faktor
Eksternal
1.
Peluang
a. Mitra
kerja yang banyak
b.
Budaya masyarakat yang konsumtif
c.
Tidak adanya pesaing dari
penjualan pastel crispy rendang pedas
2.
Tantangan
a.
Akan munculnya kompetitor yang bergerak
di bidang yang sama
b.
Banyaknya pesaing dengan makanan barat
c.
Bukan sebagai makanan pokok
Rencana
jangka pendek : Menghasilkan kue pastel dengan memperhatikan kualitas rasa yang
bermutu dan memperkenalkan kemasyarakat luas dengan melalui promosi
secara langsung atau juga dengan media internet
Rencana jangka panjang : Menciptakan dan menginovasikan
pastel dengan berbagai rasa Pastel crisphy
yang go internasional.
D.
Cara Pemasaran Dan
Pemesanan
Ø Pemasaran yang secara
langsung dan melalui internet menjaga keaslian produk agar tidak ada yang
meniru dan tidak melalui perantara lain
Ø Pemasanannya bisa
dilakukan dengan cara menghubungi perusahaan melalui kontak nomor telepon dan
akun internet
E.
Balanced scorecard
Perspektif Keuangan
Berdasarkan
pendapatan dari tahun 2013-2016 mengalami peningkatan pendapatan dikarenakan
penjualan yang semakin menyebar luas dari yang hanya dikenal disekitar
masyarakat sekitar hingga ketingkat nasional. Dengan bertambahnya pangsa pasar
PT. Danatam ini berpengaruh terhadap nilai perusahaan yang positif
Perspektif konsumen
Penigkatan penjualan produk PT. Danatam itu diikuti dengan
jumlah pelanggan yang semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut menjadi
suatu acuan untuk PT.Danatam untuk lebih berinovasi dan menjaga kualitas untuk
memuaskan pelanggan
Perspektif Proses Internal
Proses usaha pastel crisphy ini selalu mengedapankan kualitas
rasa dan inovasi yang menarik sehingga menjadikan ketertarikan pelanggan agar
sesuai yang ditargetkan.
Perspektif Pertumbuhan Dan Pengembangan Perusahaan
PT. Danatam selalu melakukan upaya evaluasi dalam segi produksi,
pemasaran dan pelatihan sumber daya manusia. Pemberlakuan evaluasi dilakukan
secara terus menerus yang berfokus kepada inovasi produksi, peningkatan kinerja
karyawan dengan adanya pelatihan serta pengembangan pangsa pasar kearah yang
lebih luas dengan segala kelebihan kompetitif internal dan ciri atau khas yang
unik dari produk yang menjadi kekuataan akan menarik perhatian dari pasar luar
negeri, cita rasa makanan kue tradisional yang di sukai oleh banyak kalangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar